HARI MINGGU PRAPASKAH IV

 Edisi :13/IV/2017/HARI MINGGU PRAPASKAH IV

pk

 
MELIHAT, NAMUN TETAP BUTA
 
 
Injil hari ini bercerita tentang seorang yang sejak lahirnya buta yang kemudian mendapat penyembuhan dari Yesus. Kisah ini diceritakan dengan sangat detail dan menarik. Mengapa begitu? Dalam kisah ini terdapat 2 sudut pandang yang berbeda tentang YESUS, dari pihak orang Yahudi dan pria yang mengalami kesembuhan dari kebutaannya.
 
Orang buta itu mampu menanggapi undangan Yesus dan memperoleh kesembuhan. Di akhir perikop, ia kemudian dapat mengerti tanda yang ditunjukkan Yesus melalui penyembuhan yang dialaminya. Ia beralih dari kebutaan menuju pengertian akan karya Allah yang nyata dalam diri Yesus Kristus.
 
Di lain pihak, terdapat orang buta lainnya. Mereka melihat, namun tidak mampu melihat karya Allah yang besar. Orang tua si buta itu mengalami ketakutan akan pengucilan yang akan mereka terima, sehingga mereka tetap buta akan rahmat Allah yang terjadi dalam diri anak mereka yang telah disembuhkan Yesus. Ada lagi para pembesar dan orang-orang Yahudi yang menolak mempercayai keajaiban yang telah mereka lihat. Mereka tetap buta dalam keangkuhan dan kesombongan mereka. Yesus hadir sebagai terang, tetapi mereka tidak mampu melihat terang sejati itu. Mereka buta sebab mereka menolak untuk melihat karya Allah yang hadir dalam diri Yesus Kristus.
 
Saudara-i terkasih, Begitu banyak karya Allah yang setiap hari kita lihat dan kita alami. Terkadang, tanggapan kita sama seperti orang-orang Yahudi yang buta, melihat karya Allah hanya dalam bentuk keberhasilan dan kesuksesan. Sebagai orang Kristiani, kita ditantang untuk mampu melihat karya Allah dalam keterpurukan dan kesakitan yang kita alami. Allah tetap berkarya, baik dalam penderitaan maupun kebahagian. Semua kembali kepada sudut pandang seperti apa yang kita pakai untuk melihat karya Tuhan dalam hidup kita.
 
Sekiranya peristiwa penyembuhan itu ada di depan mata kita, akan berada di pihak manakah kita? Apakah kita melihat namun buta seperti orang-orang Yahudi atau seperti orang buta yang mampu melihat karya Allah?
 
                                               
 


 
 
BACAAN HARIAN
Hari/Tanggal
Bacaan
Mazmur
BacaanInjil
Senin, 27 Maret
Yes 65:17-21
Mzm 30:2.4.5-6.11-12a.13b
Yoh 4:43-54
Selasa, 28 Maret
Yeh 47:1-9.12
Mzm 46:2-3.5-6.8-9
Yoh 5:1-16
Rabu,  29 Maret
Yes 49:8-15
Mzm 145:8-9.13c-14.17-18
Yoh 5:17-30
Kamis,30 Maret
Kel 32:7-14
Mzm 106:19-20.21-22.23
Yoh 5:31-47
Jumat, 31 Maret
Keb 2:1a.12-22
Mzm 34:17-18.19-20.21.23
Yoh 7:1-2.10.25-30
Sabtu,01 April
Yer 11:18-20
Mzm 7:2-3.9b-10.11-12
Yoh 7:40-53
Minggu,02 April
Bacaan 1: Yeh 37:12-14
Bacaan 2: Rom 8:8-11
Mzm 130:1-2.3-4b.4c-6.7-8
Yoh 11:1-45
 
PENGUMUMAN GEREJA
 
·         Komunitas Meditasi Kitab Suci mengajak Bapak/Ibu, Saudara-i untuk mengikuti Meditasi setiap hari Rabu pk. 19.00 di Aula Biru.
 
·         Jumat, 31 Maret pk. 18.30 ada Ibadat Jalan Salib dan Misa.
 
·         Jadwal Pengakuan Dosa adalah sebagai berikut :
Untuk umum                              : Senin-Kamis, 3-6 April
                                                       pk. 17.00-19.00 & 19.30-21.30.
 
Untuk anak sekolah SD & SMP       : Selasa, 4 April pk. 08.00
Untuk anak sekolah SMA/SMK       : Kamis, 6 April pk. 08.00
 
·         Kursus Evangelisasi Pribadi ( KEP ) angkatan ke-6 akan dimulai pada Selasa, 25 April. Info lebih lanjut dapat menghubungi panitia di depan Aula Gereja.
 
·         Komunitas doa Syafaat mengundang Bpk/Ibu/Sdr/I untuk hadir ada hari Kamis, 30 Maret 2017 pk 19.30 dengan agenda Doa Syafaat bersama di Aula St. Michael (Biru)
 
·         Shalom bapak/ibu sahabat Kristus, mari kita besekutu kembali di PDKK St. Alfonsus pada hari Senin, 27 Maret 2017 pk 19.00 dengan tema APP IV, “Membangun sikap adil dan beradab dalam masyarakat” oleh pewarta Ibu Cecilia Novalasa bertempat di aula gereja, kami tunggu kedatangannya. Tuhan memberkati
 
·       Dalam rangka gerakan Aksi Nyata Pembangunan Paskah 2017. Kami panitia Paskah akan mengadakan donor darah yang akan dilaksanakan pada tanggal 29 April 2017, mulai pukul 08.30-12.00 WIB, mohon partisipasi umat dalam gerakan sosial ini dengan mendaftarkan diri menjadi pendonorpada meja panitia depan aula setelah misa selesai.
                                                                                  
 
 
 
 
 
PENGUMUMAN PERKAWINAN
 
·         Xaverine Lisieux Lidya Oktavia dari Lingk. St. Simon Zelot 1 dengan Evan dari Jakarta.
 
Pasangan ini pengumuman pertama
 
Siapa saja yang mengetahui adanya halangan perkawinan bagi pasangan tersebut, WAJIB melaporkan kepada Pastor Paroki. Terima kasih.
 
 
 
INTENSI MISA
 
Sabtu 18.00
·         Mengucap syukur atas pengangkatan menjadi karyawan tetap.
·         Mengucap syukur atas perlindungan dan keselamatan bagi anak kami Stevhanus Barep Itdephonsus.
·         Mohon kesembuhan dari Sdri. Agata Then Lie Moi.
·         Mohon keselamatan dan kebahagiaan kekal bagi jiwa :
Bp. Benedictus Oh Tjian Sin, Oma Clara Kang Swan Nio, FX Murdin Surya, FX Herman Gunardi, Anak Rendy Gunardi, Ibu Paulina, Bong Sui Hin, Mami Elizabeth Tjen Mika, Papa Eddy Setiawan Prajitna, Mama Margarett Gouw Giok In, Bp. Stefanus Then Sin Kun, Anna Hie Sin Lian, Stefanus Tanto Sulating, Zenea Hai Po, Bp. Then Thin Sen, Ibu Bong Soi Njun, Papa Petrus Chi Phen Kong, Mama Maria Cen Moi Cin,
 
Minggu 06.00
·         Mohon keselamatan dan kebahagiaan kekal bagi jiwa :
Bp. Lukas Herlianto Adhi,
 
Minggu 08.00
·         Mengucap syukur atas Ulang Tahun anak kami Gabriel Ludgerus Amleni yang ke-7.
·         Mohon keselamatan dan kebahagiaan kekal bagi jiwa :
Mama Oen Goat Ie Nio, Papa mertua The Tje Seng, Bp. Benedictus Oh Tjian Sin, Oma Clara Kang Swan Nio, FX Murdin Surya, FX Herman Gunardi, Anak Rendy Gunardi, Ibu Paulina, Bong Sui Hin, Papa Albertus Nurdin Hartanto, Aleng Purba, Hamubaon Sinaga, Sabar Sinaga, Ibu Ana Ciu Njin Lan, Ibu Katarina Tjung Khiun Hiong, Bp. Petrus Cu Kim Kui, Bp. Chia Sak Fak, Adik Silvia Sriwati, Helena Agatha Ng Ngit Fa, Markus Sugiarto Gunawan, Bp. Robby Edward Schuurmans, Papa Joanes Chen Kin Men, Mama Maria Ho Anna,
 
Minggu 18.00
·         Mohon keselamatan dan kebahagiaan kekal bagi jiwa :
Helena Agatha Ng Ngit Fa, Bp. Robby Edward Schuurmans.


 
 
RIWAYAT ORANG KUDUS
 
 
Santo Ireneus dari Sirmium, Martir
 
      Ireneus masih sangat muda ketika terpilih menjadi Uskup kota Sirmium, sebuah kota di propinsi Pannonia, Eropa Tenggara. Dia dikenal sebagai seorang Uskup yang beriman okoh dan punya semnagat pengabdian dan kerasulan yang tinggi. Demi Kristus dan Kerajaan Allah, ia rella meninggalkan sanak saudara dan orag tuanya. Sewaktu terjadi penganiayaan kepada orang Kristen, pada masa pemerintahan Kaisar Diolektianus, Ireneus dihadapkan kepada Gubernur Pannonia untuk diadili. Ia dipaksa membawakan korban persembahan kepada dewa-dewa kafir Romawi. Uskup Ireneus dengan tegas menolak perintah Gubernur, katanya : “Sengsara itu akan kutanggung dengan gembira supaya aku dapat mengambil bagian dalam sengsara Tuhanku. Karena jawaban itu ia disiksa dengan kejam. Ibu dan sanak saudaranya, kenalan dan sahabatnya menganjurkan agar dia mengikuti saja kemauan Gubernur itu supaya luput dari kematian yang ngeri. Meskipun demikian Ireneus tetap setia kepada Kristus karena berpegang teguh pada kata-kata Kristus : “Barang siapa menyangkal aku dihadapan manusia, maka akupun akan menyangkal dia di hadapan Baperdoa memohon agar Yesus datang mejaku di Surga”.
Ia sebaliknya menantang Gubernur agar segera menyelesaikan perkaranya sesuai kehendaknya. Ia digiring ke atas panggung untuk dipenggal kepalanya. Ireneus tampak tak gentar . Ia bahkan membuka sendiri pakaiannya, lalu mengangkat tangannya ke atas sambil berdoa memohonagar Yesus datang menjemput jiwanya. Peristiwa ini terjadi di kota Mitrovicea, Yugoslavia pada tahun 304.
0
Your rating: None

comment/posting pls mailto : parokiku@gmail com


Retret Koord PDPKK se KAJ 11-12 feb 2017 (courtesy:fb. rafaela ab.)

 

MOHON DOANYA BAGI KAMI, SEMOGA KAMI TETAP SETIA....DALAM TUGAS DAN PANGGILAN DAN SEMOGA BANYAK GENERASI MUDA TERPANGGIL UNTUK BEKERJA DI LADANG TUHAN.TERIMA KASIH UNTUK DOANYA N HORASSSSS
pk

pk

 

 

 
ViaViente

Minuman kesehatan untuk
mengatasi penyakit degeneratif
seperti stroke, diabetes,
asam urat, jantung dll.


usahamandiri.viaviente.com

 

 ------------------------------------------------ pk